Thursday, May 22 2025
Berilmu dan Beramal
  • PENGURUS
  • SAMBUTAN KETUA
  • SEJARAH
  • KONTAK
  • LEGALITAS
  • MISI, VISI & LOGO
  • BERITA
  • PENDIDIKAN
  • SANTUNAN
  • DONASI
  • MOTIVASI
  • INSPIRASI
  • PUBLIKASI
  • TRAINING CENTER
    • PENAWARAN
    • KEGIATAN
    • AGENDA
  • KREATIVITAS
    • CERPEN
    • PUISI
  • MATERI DAKWAH
  • PROFILE
  • BERITA
  • PENDIDIKAN
  • SANTUNAN
  • DONASI
  • MOTIVASI
  • INSPIRASI
  • PUBLIKASI
  • TRAINING CENTER
    • PENAWARAN
    • KEGIATAN
    • AGENDA
  • KREATIVITAS
    • CERPEN
    • PUISI
  • MATERI DAKWAH
  • PROFILE
Berilmu dan Beramal
No Result
View All Result

KABUT ASAP: Tantangan Guru dalam KBM Daring

Oleh: Bahren Nurdin (Pengamat Sosial dan Kebijakan Publik)

10/10/2023
in BERITA
A A
ShareTweetSendScan

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Jambi telah memaksa sekolah-sekolah beralih ke pembelajaran daring (online). Meskipun belajar daring bukanlah konsep baru sejak diwariskan oleh Covid-19, tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa di tengah kondisi ini tentu tetap saja tidak ringan. Menantang!

Bagi seorang guru, tantangan pembelajaran daring mencakup lebih dari sekadar menguasai materi pelajaran. Mereka harus memperoleh keterampilan ekstra, terutama dalam memanfaatkan berbagai alat bantu belajar online seperti Zoom Meeting, video call, dan platform pembelajaran digital lainnya.

Artikel Terkait

IDUL FITRI: Kembali Menyatu Pasca Pemilu

09/04/2024

HARI GINI MASIH ABS?: BANGUNLAH ‘SUPER TEAM’

16/03/2024

Tanggapan Pers:

31/01/2024

PEJABAT UIN STS JAMBI: Jadilah Pohon Rindang di Tengah Padang

18/01/2024

Guru harus memiliki literasi yang kuat dalam mengajar daring, tidak hanya dari segi teknologi, tetapi juga dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan interaktif.

Tidak cukup hanya menguasai teknologi, guru juga memiliki tugas untuk memompa semangat belajar siswa dalam pembelajaran daring. Di tengah ketidakpastian dan lingkungan pembelajaran yang mungkin kurang terkontrol, guru harus menjadi sumber inspirasi.

Mereka harus menciptakan atmosfer positif yang memotivasi siswa untuk tetap fokus dan bersemangat belajar. Inilah ujian kreativitas guru: membuat pembelajaran daring tidak hanya efisien, tetapi juga memikat bagi siswa.

Sekali lagi, para guru harus benar-benar menguasai platform pembelajaran daring yang digunakan. Memahami fitur-fitur seperti tanya-jawab, kuis, dan forum diskusi akan membuat pengajaran lebih dinamis. Menggunakan multimedia seperti video, gambar, dan grafik dapat membuat materi lebih menarik. Penyajian yang beragam membantu siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda untuk tetap terlibat.

Guru juga harus mampu mendorong partisipasi siswa melalui pertanyaan, polling, atau kuis ringan selama kelas daring berlangsung. Hal ini akan menjaga perhatian mereka terhadap materi yang diajarkan. Terus memberikan dukungan emosional kepada siswa melalui perhatian dan empati. Ketersediaan untuk mendengarkan dan merespons perasaan siswa membantu menciptakan lingkungan yang nyaman.

Penting juga untuk diingat bahwa tanggung jawab bukan hanya ada pada guru dan siswa. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pembelajaran daring anak-anak mereka.

Mereka harus menyediakan waktu untuk mendampingi anak-anak dalam belajar daring, memberikan dukungan emosional, dan membantu menyelesaikan tantangan yang mungkin dihadapi anak-anak dalam pembelajaran daring.

Secara infrastruktur, orang tua juga harus menyediakan ruang belajar yang tenang dan terbebas dari gangguan di rumah. Memastikan anak memiliki akses yang cukup ke perangkat komputer dan koneksi internet yang stabil.

Lebih dari itu, orang tua harus pula terlibat dalam kegiatan pembelajaran anak, seperti mengajukan pertanyaan tentang apa yang dipelajari, mendiskusikan tugas, dan memberikan umpan balik positif. Mendorong anak untuk berbicara tentang pengalaman belajar mereka dan mendengarkan dengan penuh perhatian.

Dengan demikian, meskipun belajar daring, kita berharap kualitas pembelajaran seharusnya tidak boleh menurun. Pembelajaran daring harus tetap menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas, di mana pengetahuan disampaikan dengan cara yang menarik dan interaktif. Guru harus tetap kreatif dalam menyajikan bahan ajar, menggunakan multimedia, kolaborasi daring, dan pengalaman pembelajaran yang praktis.

Dalam menghadapi tantangan Karhutla seperti saat ini, kreativitas guru adalah kunci. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang bekerja keras untuk memastikan bahwa pendidikan tetap berlangsung, meskipun dalam kondisi yang sulit. Dalam kabut asap yang tebal, cahaya kreativitas guru menerangi jalan bagi siswa, membimbing mereka melalui pembelajaran daring dengan harapan dan semangat yang tak tergoyahkan.

Akhirnya, meskipun kita dihadapkan pada tantangan seperti kabut asap yang tebal akibat kebakaran hutan dan lahan, kualitas kegiatan belajar mengajar tidak boleh kelam. Saat-saat sulit ini sebenarnya adalah ujian kreativitas bagi para guru. Dalam kondisi belajar daring, guru memiliki peran penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan menarik.

Dalam proses ini, kreativitas guru, dukungan orang tua, dan keseriusan siswa akan menjadi pilar utama yang mendukung kelangsungan pendidikan. Bersama-sama, kita dapat mengatasi tantangan ini dan memastikan bahwa pembelajaran tidak hanya tetap berlanjut, tetapi juga berkualitas. Semoga#

Sumber foto: telisik.id

Next Post

KBM DARING: Tantangan Pendidikan Era Digital di Jambi

PEMILU 2024: Peran Penting Etika dan Hukum

PERAN MEDIA DI ERA DIGITAL: Membentuk Opini Publik dan Penguatan Politik Lokal

Discussion about this post

About Me

Horrison Rose

Passionate Blogger

Hello & welcome to my blog! My name is Mocha Rose and I'm a 20-year-old independent blogger with a passion for sharing about fashion and lifestyle.

Instagram

    Please install/update and activate JNews Instagram plugin.

Popular

Jambi kehilangan Tokoh Kharismatik.

1 year ago

IDUL FITRI: Kembali Menyatu Pasca Pemilu

1 year ago

HARI GINI MASIH ABS?: BANGUNLAH ‘SUPER TEAM’

1 year ago

Tanggapan Pers:

1 year ago
Berilmu dan Beramal

© 2019 Yaqin - Komplek Bahri Makmur Blok J, No 6, RT 22/03, Jaluko – Muaro Jambi – Jambi – Indonesia. Kode Pos 36361. Developed by Ara.

  • Disclaimer
  • Kontak
  • Legalitas
  • Misi, Misi & Logo
  • Pedoman
  • Pengurus
  • Sambutan Ketua
  • Sejarah

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • BERITA
  • PENDIDIKAN
  • SANTUNAN
  • DONASI
  • MOTIVASI
  • INSPIRASI
  • PUBLIKASI
  • TRAINING CENTER
    • PENAWARAN
    • KEGIATAN
    • AGENDA
  • KREATIVITAS
    • CERPEN
    • PUISI
  • MATERI DAKWAH
  • PROFILE